:
LANGUAGE
Hubungi Kami :
HP/WA : 0878 8989 8979
Telp : 021 5576 5666
Fax : 021 5576 2666

Elemen Dekoratif Interior Alami dari Cahaya Matahari

LunarFurniture.com >> Berita >> Elemen Dekoratif Interior Alami dari Cahaya Matahari
Date: 12 Sep 2013 | Posted: writer

Lunarfurniture.com – Jendela yang mengahadap kea rah timur atau barat dapat mendatangkan cahaya matahari ke dalam hunian dalam porsi yang cukup, bahkan bisa dikatakan berlebih. Karenanya tidak mengherankan jika area yang dekat dengan jendela cenderung lebih panas dari area yang tidak berada dekat dengan jendela. Kendati demikian, ada beberapa trik untuk menyiasati level terang serta radiasi sinar matahari. Elemen dekoratif jendela, adalah salah satu cara untuk menyiasatinya.

Primaningtyas K. C., pakar arsitek ini memaparkan bahwa cahaya matahari ideal sebaiknya masuk dari arah selatan dan utara. Pasalnya, cahaya yang datang dari arah selatan dan utara cenderung tidak terlampau panas. Sementara, sinar matahari dari arah barat dan timur, cenderung dihindari lantaran lebih banyak menghantarkan cahaya matahari, sehingga mengakibatkan ruangan lebih panas.

Kalau pun jendela rumah terlanjur menghadap barat dan timur, hal itu sama sekali bukan suatu bencana. Cahaya matahari yang masuk dapat diminimalisir menggunakan jendela kisi-kisi atau window shade. Bahkan penggunaan jendela kisi-kisi dapat menciptakan bayangan yang cantik. Bayangan yang ditimbulkan dapat jatuh ke dinding, langit-langit, atau lantai, tergantung dari arah mana masuknya cahaya matahari.

Dalam konsidi tertentu, bayangan benda yang terkena sorotan cahaya matahari dapat menjadi elemen dekoratif yang sangat menarik. Bayangan benda membentuk garis dengan nuansa gelap dan terang. Pada kasus jendela rkisi-kisi, bentuk bayangan bergantung pada bagaimana bentuk kisi-kisi jendela. Jika kisi-kisi berbentuk garis-garis vertikal, maka bayangan yang terbentuk juga berupa garis-garis vertikal. Begitu juga jika kisi-kisi jendela berbentuk garis-garis horizontal, maka bayangan yang dihasilkan berupa garis horizontal. Permainan bayangan ini juga hadir dari renggang tidaknya jarak antar garis pada kisi-kisi jendela.

Kreatifitas desain kisi-kisi dapat menciptakan aneka jenis bayangan yang unik. Pola kotak atau bulat mungkin dapat diaplikasikan untuk kisi-kisi jendela Anda. Dengan begitu bayangan yang dihasilkan pun akan jauh lebih cantik dari sekadar garis-garis. Lebih menarik lagi, karena elemen dekoratif yang bersumber dari paduan kisi-kisi dan cahaya matahari ini tidak dapat muncul setiap waktu. Jendela dengan arah hadap timur, akan memunculkan efek bayangan pada pagi hari. Sementara jendela dengan arah hadap barat, memunculkan efek bayangan pada sore hari. Kemunculan elemen dekoratif interior yang harus "ditunggu" ini membuatnya semakin unik dan memikat.

Pembuatan bayangan sangat tergantung pada posisi kisi-kisi jendela serta derajat jatuhnya cahaya. Itu sebabnya, untuk membuatnya sebaiknya direncanakan dari awal pembangunan rumah atau pada saat akan melakukan renovasi rumah.

Sumber: www.ideaonline.co.id

Print Friendly, PDF & Email


ADDRESS
Komplek Duta Niaga
Jl. Halim Perdanakusuma No. 9BC, Jurumudi - Tangerang
Phone
:
  • +62-21 5576 5666
  • Email
    :
  • lunar.furniture@yahoo.com
  • FAX
    :
  • +62-21 5576 2666
  • STAY CONNECTED